Apa Jalinan Jurusan DKV di Sekolah Tinggi Dengan Multimedia Di SMK? Jawabannya ada 'ga sih? Sesungguhnya ada walaupun jurusan Multimedia saya rasa masih tetap soft serta light. Namun ketidaksamaannya sangat-sangat tidak tebal. Berarti begini, kurikulum Multimedia di SMK lebih condong praktis serta singkat sedang DKV di sekolah tinggi lebih luas. Diluar itu pada jurusan DKV di sekolah tinggi penekanan rencana serta eksekusi artwork yang saya saksikan lebih kental ke dunia riil. Bila Multimedia di SMK saya lihat masih tetap malu-malu. Sama dengan murid-murid saya yang jika disuruh ajukan pertanyaan pada pelajaran multimedia yg tidak mereka tahu, mereka malas. Mungkin saja ini permasalahan kultur lokal saja mungkin..
Lantas, makhluk apaan sih DKV itu.
DKV (Design Komunikasi Visual) yaitu satu pengetahuan yang pelajari langkah berkomunikasi dengan visual lewat media-media spesifik.
blockquoteNekat juga nih saya menulis perihal pendidikan DKV di sekolah tinggi walau sebenarnya belum pernah sekolah di DKV, hanya modal pengalaman bertahun-tahun saja bekerja di industri yang memakai DKV juga sebagai mainstream usahanya./blockquote
Selalu, apakah DKV sama juga dengan pengetahuan seni rupa?
Looks different dengan kata lain lain walaupun di DKV juga di ajarkan perihal seni. Selalu bila jurusan Multimedia di SMK?
Nah, bila Multimedia di SMK juga di ajarkan beberapa hal seperti itu. Namun bergantung gurunya juga. Bila gurunya sangatlah kuasai materi DKV serta mengertinya luar dalam beberapa hal seni rupa pasti diprioritaskan. Jadi tak asal siswa memakai computer lantas buat artwork ini buat itu. Pemahaman perihal rencana, visualisasi serta eksekusi rencana lah yang paling penting (ini menurut saya).
Hanya kan jurusan Multimedia di SMK adalah turunan dari jurusan TIK yang condong mengaturi permasalahan artistik serta komunikasi. Jadi pemakaian computer dalam bikin karya seni lebih diprioritaskan. Namun bila saya jadi memprioritaskan unsur-unsur manual serta fundamental yang di DKV jadi basic. Ini supaya siswa-siswi saya di SMK jurusan Multimedia gak hanya dapat serta dapat memakai computer saja namun juga mesti kuat di rencana. Ingat, konnnnsep!
DKV serta pengetahuan seni rupa keduanya sama membuahkan satu karya. Bila dalam pengetahuan seni rupa karyanya ditafsirkan tidak sama oleh semasing audience. Jadi dalam DKV berupaya mengkomunikasikan satu pesan dalam suatu karya design dengan harapan seluruhnya audience terima serta menafsirkan pengertian yang sama.
Jurusan DKV serta Multimedia apakah mesti jago gambar?
Belum pasti & tak juga (namun bila dapat jadi jadi suatu keuntungan). Butuh diingat, DKV serta Multimedia bukanlah sekedar hanya menggambar. Beberapa orang salah menafsirkan bahwa yang paling utama untuk kuasai DKV serta Multimedia adalah jago menggambar. Walau sebenarnya, masih tetap beberapa hal lain yg tidak kalah utamanya, seperti nirmana (prinsip basic design), pengetahuan bakal warna, computer grafis, tipografi, serta banyak lagi.
Selalu, product dari jurusan yang berbau DKV atau Multimedia apa ya?
Elemen DKV yaitu elemen grafis seperti gambar/photo, huruf, warna serta tata letak (layout) dalam beragam media, baik media bikin, massa, elektronika ataupun audio visual.
Contoh karya anak DKV serta Multimedia diantaranya : design iklan bikin, poster, billboard, paket product (packaging), logo/logotype, brosur, leaflet, katalog, stationary kit (kartu nama, amplop, kop surat, map, dsb), design kalender, cover buku, cover majalah, animasi, 3D, videografi, content interaktif seperti game serta simulasi dsb.
Akar bagian DKV yaitu pengetahuan komunikasi seperti komunikasi sosial, komunikasi ekonomi serta budaya. Tak seperti seniman murni (pelukis, pematung) yang mementingkan ekspresi perasaan dalam dianya, seseorang desainer komunikasi visual yaitu penterjemah dalam komunikasi ide. Oleh karena itu DKV mengajarkan beragam bhs visual yang bisa dipakai untuk menerjemahkan pikiran berbentuk visual. Sedang multimedia di SMK yaitu bentuk mini serta praktis dari jurusan DKV atau pra-DKV.
Yang paling akhir, prospek kerjanya bagaimanakah?
Bila ajukan pertanyaan perihal prospek kerja siswa SMK jurusan Multimedia bisa dipandang pada artikel Ingin Jadi Apa Siswa Kita Kelak?